Rabu, 06 Februari 2013

Umpan dalam Lingkaran dengan Dua Bola

Latihan ini membiasakan pemain untuk berputar ketika menerima bola, segera bergerak setelah melakukan umpan, dan juga memperbaiki komunikasi antar pemain, baik verbal (suara) maupun visual (kontak mata).


Area Main:

Buat area 15x15 meter, dengan 7/8 pemain di dalamnya menggunakan dua bola.



Cara Main:

Buat beberapa area untuk beberapa grup. Masing-masing grup terdiri dari 7/8 pemain dengan dua
bola. Dengan aba-aba dari pelatih, kedua pemain dengan bola melakukan umpan kepada rekan yang ada di luar dalam lingkaran, kemudian segera bergerak untuk menerima bola dari pemain yang lainnya. Pemain yang berada di luar hanya boleh melakukan umpan kepada pemain yang ada di dalam, dengan sebelumnya melakukan panggilan terlebih dahulu, guna meningkatkan kualitas komunikasi antar pemain, teriakkan juga turn/balik badan ketika pemain yang ada di dalam menerima bola. Lakukan dengan cepat (satu dan dua sentuhan) dan perhatikan juga teknik beputar pemain ketika menerima bola. Rotasi pemain yang di dalam setiap satu menit.

Variasi:

  • Setelah pemain yang berada di luar melakukan umpan, segera berpindah posisi (masih dalam lingkaran). Hal ini membiasakan pemain untuk selalu aktif setelah melakukan umpan, dan juga menyesuaikan diri untuk memberi dukungan/support untuk rekan satu tim.
  • Pemain di luar meneriakkan man on/awas. Maka pemain di dalam menerima bola dengan kaki bagian luar yang terdekat dengan posisi datangnya umpan, guma melindungi bola, untuk kemudian mengembalikan bola kepada pemain tersebut. Hal ini melatih pemain ketika menerima bola dalam tekanan lawan.

0 komentar:

Posting Komentar