Rabu, 06 Februari 2013

Umpan Berpasangan di dalam Kotak

Latihan ini membiasakan pemain untuk mengukur beban umpan dengan arah yang tidak tegak lurus, juga memperbaiki ketepatan pemain dalam menjemput bola, serta sentuhan pertama sebelum melakukan umpan.

Area Main:

Buat area main  10x10 meter. Buat sebanyak mungkin area, sehingga mencukupi jumlah pemain untuk melakukan umpan berpasangan.


Cara Main:

Berikan contoh dengan salah satu pasangan untuk melakukan cara main latihan ini. Masing-masing pemain memulai dari sudut yang berbeda. Satu pemain dengan bola melakukan umpan ke arah
pasangannya, kemudian berlari ke arah cone untuk menerima umpan kembali dari pasangannya. Sebelumnya pemain penerima menahan laju bola dengan satu sentuhan. Setiap selesai melakukan umpan, pemain selalu bergerak untuk menerima umpan berikutnya. Dalam latihan ini satu pemain melakukan umpan yang menyilang, dan satu pemain melakukan umpan lurus. Lakukan selama dua menit, kemudian ganti peran masing-masing pemain. (lakukan umpan lurus bagi pemain yang sebelumnya melakukan umpan menyilang, begitu pula sebaliknya).

Coaching Point:

  • Pastikan pemain melakukan sprint sebelum menerima bola (bukan menunggu bola).
  • Kecepatan bola harus diperhatkan. Bola yang terlalu cepat/lambat membuat permainan akan terhenti. 
  • Sentuhan pertama sangat penting. Pemain harus mengarahkan bola ke arah dimana dia akan melakukan umpan, dengan satu sentuhan.

Pengembangan:

Jika pemain sudah mahir, lakukan cukup dengan satu sentuhan (tanpa kontrol terlebih dahulu)

0 komentar:

Posting Komentar