Rabu, 20 Februari 2013

Rahasia Tiki Taka Barcelona FC

Ayo Latihan Bola
Demi Kejayaan Sepak Bola Indonesia

Salah satu rahasia mengapa mereka begitu fasih memainkan sepakbola possession adalah latihan/drill yang mereka sebut 'rondo'. Johan Cruyff adalah pelatih yang pertama kali memperkenalkan rondo di awal melatih tim Barcelona FC di tahun 90an. Kemungkinan latihan ini merupakan adaptasi dari apa yang sebelumnya telah dilakukan di tim sepakbola dari belanda, yaitu AJAX.

Latihan ini diberlakukan untuk semua level. Di akademi sepakbola  (La Masia), bahkan di spanyol pada umumnya, bukan sesuatu yang aneh jika kita menemui anak-anak seusia 9-10 tahun memainkan permainan ini. Biasanya dilakukan dalam rangka pemanasan, sebelum masuk kepada latihan inti dalam suatu sesi latihan sepakbola.



Area Bermain:


Buat area 10x10 meter, melibatkan 10 pemain untuk bermain 8 vs 2.

Cara Bermain:

Tidak hanya terbatas pada kalangan anak-anak, tim profesional sekelas Barcelona FC pun memainkan 'rondo' ini, hanya saja di level profesional, latihan ini dilakukan dengan satu sentuhan. Jumlah pemain adalah 8 vs 2, dimana 2 pemain bertahan ada di tengah area berusaha untuk menghambat umpan dari 8 pemain yang ada di garis batas area. Jika pemain bertahan dapat menyentuh bola atau bola keluar dari area permainan, maka pemain yang melakukan kesalahan berpindah ke tengah untuk menggantikan pemain bertahan.
Latihan ini mengajarkan para pemain berpikir cepat guna mengantisipasi umpan dan mengarahkannya kepada pemain yang lain. Jika dia salah mengantisipasi atau memposisikan diri, maka bisa dipastikan bola akan bisa disentuh/direbut pemain bertahan.

2 komentar:

Budi mengatakan...

semoga saja indonesia bisa jaya..
go sepak bola nasional

La Nyala mengatakan...

Selama masih ada saya, Indonesia tidak akan pernah juara

Poskan Komentar